Senin, 21 Februari 2011

Green Building ........... Apa Penyebab Pemborosan Energi Itu?


Green Building, secara awam diterjemahkan dengan bangunan ramah lingkungan. Apanya yang ramah? ya dari komposisi penggunaan lahan, Penggunaan energi yang hemat, dan bahan bangunan yang degradable.

Dari sisi energi kita bisa melihat betapa bangunan perkotaan menyumbang pencemaran paling tinggi ibanding sumber pencemaran yang lain. sebuah Mal misalnya bisa mengkonsumsi 4 Giga Watt (kapasitas terpakai). Kalau 1 mobil berkekuatan rata-rata 75 hp atau setara dengan 60 Kw maka sebuah mal dengan daya terpakai 4 Gw ibarat (4.000.000 Kw / 60 Kw = 66.700) 66.700 mobil yang bergerak bersamaan dengan kekuatan penuh. Bayangkan pencemaran disisi Power Plan ( Pembangkit tenaga Listriknya). Berapa Ton Batu Bara yang dibakar tiap detiknya ??? Berapa CO2 yang dilepas setiap detiknya ???

Ok lah anggap kita memang butuh mal, toh kita bisa membuat penggunaan energi listriknya lebih hemat. Penggunaan listrik untuk sebuah gedung baik itu mal maupun perkantoran sebagian besar dipakai untuk pengkondisian udara ( di Indonesia AC, Dinegara beriklim dingin memakai Warmer). Apa saja upaya penghematannya?

Menurut riset sebagian besar mesin AC yang ada di bangunan existing sangat boros energi. Penyebabnya antara lain desain yang kurang baik menyebabkan loses energi, atau perawatan yang tidak baik menyebabkan hal yang sama. ternyata pendekatan engineering ini bisa membantu menekan penggunaan energi.

Kesimpulanya ... Ayo tumbuhkan kesadaran hemat energi dengan mempelajari cara desain yang baik dan melakukan perawatan yang benar untuk membantu menghemat lingkungan kita.

Tidak ada komentar: