Kamis, 17 Februari 2011

Green Building....... Apa Itu?


Seharian tadi saya seminar di City Walk Sudirman. Dengan tema Persiapan menuju sertifikasi green building. Terus terang aja awalnya aku awam banget ama yang namanya green building. Dalam benakku green building ya gedung yang banyak tanamannya, atau gedung yang atapnya ada taman atau gedung yang tamannya luas. eh tenyata bukan itu.

Mungkin temen2 juga mengira hal yang sama ya...

Secara umum green building dapat difahami sebagai bangunan yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan disini dapat berupa porsi lahan terbuka dengan okupasi gedung yang seimbang, atau gedung yang didesain dengan prinsip konsumsi listrik yang rendah, atau gedung yang menerapkan tata kelola air yang baik sehingga air libah ( grey water) dapat dipakai untuk kebutuhan flushing misalnya atau penyiraman tanaman atau hal lain.

Kenapa kita tiba tiba ribut dengan konsep green building segala? apa untungnya bagi kita? Sebagai gambaran saja buat temen2, ternyata gedung gedung yang ada di ibu kota ini penyumbang konsumsi listrik yang sangat besar, penyumbang penyedotan air tanah yang sangat besar, penyumbang sampah yang besar yang ujung-ujungnya penyumbang polusi yang besar serta penyumbang penyedotan resources yang besar pula.

Sebagai proyeksi kedepan untuk kebutuhan energi saja, departemen ESDM memproyeksikan kebutuhan energi 5 tahun mendatang bisa 5x lipat sekarang. Nah kalo sekarang saja listriknya byarpet karena kehabisan pasokan lalu lima tahun lagi kayak apa? belum lagi masalah air. penyedotan air besar2an dari dalam tanah toh tak urung juga menyebabkan intrusi air laut yang semakin cepat.

Itu baru sebagian saja teman. Mungkin sebagian dari anda mengamati juga darimana asalnya listrik kita? sebagian besar dari batu bara! padahal batubara adalah penyumbang polusi carbon terbesar. berarti kalo kita tetap mempertahankan live style seperti ini sama aja dengan mewariskan dunia yang penuh polusi kepada anak cucu kita.

Kalo kita menengok kondisi gedung2 yang ada di negara kita bisa dipastikan bahwa sebagian besar termasuk dalam kategori boros energi dan sangat tidak effisien. hal ini mungkin saja dikarenakan harga LISTRIK yang tergolong murah di negeri ini. Listrik murah mestinya disikapi positif bukan malah berboros-borosan energi.

Nah pekerjaan membuat effisien gedung2 inilah PR kita saat ini supaya mencapai kriteria GREEN BUILDING. dengan tujuan besar menghemat kelangsungan hidup sehat BUMI INI.

Teman ..... usaha ini ternyata bisa kita lakukan juga setiap hari misalkan matikan perangkat listrik, kran dll pada saat tidak dipakai. itu sangant menolong.

Tidak ada komentar: